Redaksi

www.sulutpostonline.id

Perusahaan Pers Penerbit :

PT. MEDIA SULUT POST

SK KEMENKUMHAM Nomor AHU-0068925.AH.01.01.TAHUN 2021



Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab  : Wilhelmus J. Wongkar (Wartawan Utama)

Wkl. Pemimpin Redaksi: –

Redaktur Pelaksana : Stenly Mamuaja, SE

Sekretaris Redaksi : Maikel Rawung, SE.Par, M.Pd

Redaktur:  Deky Geruh, Wil Wongkar, Stenly Mamuaja, Aji Pramono, Yopi W.

Liputan Jakarta : Ogyar Wanto

Liputan Ibu Kota Nusantara (IKN) Kaltim: Fenny Kaligis

Pemprov Sulut : Stenly Mamuaja

BIRO KOTA TOMOHON : Joppy Wongkar

BIRO KOTA BITUNG:

BIRO MINUT: Vera Kastubi

BIRO MINAHASA: Wil. Wongkar (Wartawan Utama)

BIRO MINSEL:

BIRO KOTA MANADO: –

BIRO SANGIHE: Ridwan Machmud

BIRO KAB. KEP. TALAUD : Efraim Teni Sadede

BIRO BOLAANG MONGONDOW & KOTA KOTAMOBAGU : Lucky Lasabuda (Kabiro/(Wartawan Muda)

BIRO BOLAANG MONGONDOW TIMUR (BOLTIM) : –

WARTAWAN INVESTIGASI : Fanly Hamdja, Affandi Masloman, Donald Lotulung, Karmin M

HUKRIM & PENDIDIKAN : –

KOORDINATOR LIPUTAN BOLMONG RAYA : Lucky Lasabuda (Wartawan Muda) 


BIRO BOLAANG MONGONDOW SELATAN : Sandri Mokodongan

BIRO BOLAANG MONGONDOW UTARA : –

REPORTER BOLMONG RAYA : DONNI LASABUDA

Iklan/Advertising :

IT & Web Disainer : Eser Dungus

Multi Media : Alfian Mantiri

Manager Keuangan : Allen Situmorang

Penasehat Hukum : IBRAHIM HIOLA, SH

Nomor Rekening PT MEDIA SULUT POST : Bank Sulutgo 0080 152 000 4246

Wartawan sulutpostonline.id Saat Bertugas Dilengkapi Dengan Surat Tugas dan ID CARD yang masih berlaku

Alamat Redaksi:

Rizky Paniki Residence No. 37. Paniki Atas, Kecamatan Talawaan,

Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara 95373

Hotline Redaksi: 081245200378

e-mail: sulutpost@yahoo.com

@mediasulutpost  #mediaonlinesulutpost #sulutpostonline.id @ptmediasulutpost @ptmediasulutpost

 

KODE ETIK JURNALISTIK 

Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Uni   versal Hak Asasi Manusia PBB. Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Dalam mewujudkan kemerdekaan pers itu, wartawan Indonesia juga menyadari adanya kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama.

Dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang, karena itu pers dituntut profesional dan terbuka untuk dikontrol oleh masyarakat. Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme.

Atas dasar itu, wartawan Indonesia menetapkan dan menaati Kode Etik Jurnalistik:

Pasal 1
Wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk.

Penafsiran:

  1. Independen berarti memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan suara hati nurani tanpa  campur tangan, paksaan, dan intervensi dari pihak lain termasuk pemilik perusahaan pers.
  2. Akurat berarti dipercaya benar sesuai keadaan objektif ketika peristiwa terjadi.
  3.  Berimbang berarti semua pihak mendapat kesempatan setara.
  4. Tidak beritikad buruk berarti tidak ada niat secara sengaja dan semata-mata untuk

menimbulkan kerugian pihak lain.

 

Pasal 2

Wartawan Indonesia menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

Penafsiran Cara-cara yang profesional adalah:

  1. menunjukkan identitas diri kepada narasumber;
  2.  menghormati hak privasi;
  3.  tidak menyuap;
  4. menghasilkan berita yang faktual dan jelas sumbernya;
  5. rekayasa pengambilan dan pemuatan atau penyiaran gambar, foto, suara dilengkapi dengan keterangan tentang sumber dan ditampilkan secara berimbang;
  6. menghormati pengalaman traumatik narasumber dalam penyajian gambar, foto, suara;
  7. tidak melakukan plagiat, termasuk menyatakan hasil liputan wartawan lain sebagai karya  sendiri;
  8. penggunaan cara-cara tertentu dapat dipertimbangkan untuk peliputan berita

investigasi bagi kepentingan publik.

Pasal 3

Wartawan Indonesia selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah.

Penafsiran

  1. Menguji informasi berarti melakukan check and recheck tentang kebenaran informasi

itu.

  1. Berimbang adalah memberikan ruang atau waktu pemberitaan kepada masing-

masing pihak secara proporsional.

  1. Opini yang menghakimi adalah pendapat pribadi wartawan. Hal ini berbeda dengan opini interpretatif, yaitu pendapat yang berupa interpretasi wartawan atas fakta.
  2. Asas praduga tak bersalah adalah prinsip tidak menghakimi seseorang.

 

Pasal 4

Wartawan Indonesia tidak membuat berita bohong, fitnah, sadis, dan cabul.

Penafsiran

  1. Bohong berarti sesuatu yang sudah diketahui sebelumnya oleh wartawan sebagai hal yang tidak sesuai dengan fakta yang terjadi.
  2. Fitnah berarti tuduhan tanpa dasar yang dilakukan secara sengaja dengan niat buruk.
  3. Sadis berarti kejam dan tidak mengenal belas kasihan.
  4. Cabul berarti penggambaran tingkah laku secara erotis dengan foto, gambar, suara, grafis atau tulisan yang semata-mata untuk membangkitkan nafsu birahi.
  5. Dalam penyiaran gambar dan suara dari arsip, wartawan mencantumkan waktu pengambilan gambar dan suara.

 

Pasal 5

Wartawan Indonesia tidak menyebutkan dan menyiarkan identitas korban kejahatan susila dan tidak menyebutkan identitas anak yang menjadi pelaku kejahatan.

Penafsiran

  1. Identitas adalah semua data dan informasi yang menyangkut diri seseorang yang memudahkan orang lain untuk melacak.
  2. Anak adalah seorang yang berusia kurang dari 16 tahun dan belum menikah.

 

Pasal 6

Wartawan Indonesia tidak menyalahgunakan profesi dan tidak menerima suap.

Penafsiran

  1. Menyalahgunakan profesi adalah segala tindakan yang mengambil keuntungan pribadi atas informasi yang diperoleh saat bertugas sebelum informasi tersebut menjadi pengetahuan umum.
  2. Suap adalah segala pemberian dalam bentuk uang, benda atau fasilitas dari pihak lain yang mempengaruhi independensi.

 

Pasal 7

Wartawan Indonesia memiliki hak tolak untuk melindungi narasumber yang tidak bersedia diketahui identitas maupun keberadaannya, menghargai ketentuan embargo, informasi latar belakang, dan off the record sesuai dengan kesepakatan.

Penafsiran

  1. Hak tolak adalak hak untuk tidak mengungkapkan identitas dan keberadaan narasumber

demi keamanan narasumber dan keluarganya.

  1. Embargo adalah penundaan pemuatan atau penyiaran berita sesuai dengan permintaan

narasumber.

  1. Informasi latar belakang adalah segala informasi atau data dari narasumber yang disiarkan atau diberitakan tanpa menyebutkan narasumbernya.
  2. Off the record adalah segala informasi atau data dari narasumber yang tidak boleh disiarkan atau diberitakan.

 

Pasal 8

Wartawan Indonesia tidak menulis atau menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi terhadap seseorang atas dasar perbedaan suku, ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, dan bahasa serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa atau cacat jasmani.

Penafsiran

  1. Prasangka adalah anggapan yang kurang baik mengenai sesuatu sebelum mengetahui secara jelas.
  2. Diskriminasi adalah pembedaan perlakuan.

 

Pasal 9

Wartawan Indonesia menghormati hak narasumber tentang kehidupan pribadinya, kecuali untuk kepentingan publik.

Penafsiran

  1. Menghormati hak narasumber adalah sikap menahan diri dan berhati-hati
  2. Kehidupan pribadi adalah segala segi kehidupan seseorang dan keluarganya selain

yang terkait dengan kepentingan publik.

 

Pasal 10

Wartawan Indonesia segera mencabut, meralat, dan memperbaiki berita yang keliru dan tidak akurat disertai dengan permintaan maaf kepada pembaca, pendengar, dan atau pemirsa.

Penafsiran

  1. Segera berarti tindakan dalam waktu secepat mungkin, baik karena ada maupun tidak ada teguran dari pihak luar.
  2. Permintaan maaf disampaikan apabila kesalahan terkait dengan substansi pokok.

 

Pasal 11

Wartawan Indonesia melayani hak jawab dan hak koreksi secara proporsional.

Penafsiran

  1. Hak jawab adalah hak seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan

atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya.

  1. Hak koreksi adalah hak setiap orang untuk membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh pers, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain.
  2. Proporsional berarti setara dengan bagian berita yang perlu diperbaiki. Penilaian akhir atas pelanggaran kode etik jurnalistik dilakukan Dewan Pers. Sanksi atas pelanggaran kode etik jurnalistik dilakukan oleh organisasi wartawan dan atau perusahaan pers.

 

Manado, 17 Januari 2021

(Kode Etik Jurnalistik ditetapkan Dewan Pers melalui Peraturan Dewan Pers Nomor: 6/Peraturan-DP/V/2008 Tentang Pengesahan Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/SK-DP/III/2006 tentang Kode Etik Jurnalistik Sebagai Peraturan Dewan Pers)

Mekanisme Ralat, Koreksi, Revisi, dan Hak Jawab sulutpostonline.id, Permintaan untuk ralat, koreksi, revisi maupun hak jawab terkait artikel yang telah diterbitkan oleh sulutpostonline.id dilakukan melalui pengiriman surat elektronik ke: sulutpost@yahoo.com, dengan menggunakan subjek: HAK JAWAB.

TTD

 

Wilhelmus J. Wongkar

Pemimpin Umum